Hydraulophone

Temen-temen, alat musik dari Kanada ini dimainkan di bawah air dan ini hanya terdapat di Kanada aja lho……….

Jadi untuk selengkapnya baca sendiri aja…….

Perkenalan Hydralauphone

Hydralauphone pertama kali diperkenalkan oleh seorang profesor dari Universitas Toronto pada acara International Computer Music Conference 2007 (ICMC 2007). Namanya Steve Mann. Acara ICMC 2007 semdiri dilangsungkan di Copenhagen, Kanada, pada tanggal 28 Agustus 2007.

Pengertian Hydralauphone

images-3 Hydralauphone adalah alat musik eksperimental yang menggunakan media air. Alat ini di penuhi banyak lubang dan bentuknya seperti pipa memanjang.

Ada hydralauphone yang berlubang 12 dan juga ada yang berlubang 45. Alat itu terisi penuh oleh air dan kemudian air tersebut akan keluar melalui lubang-lubang yang terdapat di bagian atas hydralauphone. Alat ini hanya ada di Kanada, salah satu hydralauphone yang terbesar berada di Ontario Science Center.

Cara Menggunakan Hydralauphone.

Kalau kita ingin memainkan alat tersebut, kita harus menekan lubang-lubang air itu, sehingga air yang keluar dari lubang ini membentuk kemiringan tertentu sesuai dengan nada yang ingin kita hasilkan. Oh ya, kita harus memperhatikan bagian mana kita menekan lubang itu. Suara yang dihasilkan jika kita menekan bagian tengah lubang kan berbeda dengan suara yang dihasilkan jika kita menekan bagian pinggir lubang.

Kunci Nada.

Hydralauphone ada yang dilengkapi dengan reed dan juga dilengkapi dengan fipple. Dari reed dan fipple inilah suara dihasilkan. Ada hydralauphone yang hanya dilengkapi dengan satu reed, beberapa reed, dan ada juga yang mempunyai jumlah reed yang sama dengan jumlah lubang hydralauphone.

Begitu juga dengan hydralauphone yang mempunyai 1 fipple, 2 fipple, dan ada juga yang mempunyai jumlah fipple sesuai dengan jumlah lubang hydralauphone. Hydralauphone dapat dihubungkan dengan amplifier untuk menghasilkan suara elektrik. Namun, jika ingin menghasilkan suara akuistik, kita tidak perlu menghubungkannya dengan amplifier.

Diatonik dan Chromatic.

Berdasarkan jumlah lubangnya hydralauphone dapat dibedakan menjadi dua :

  1. Diatonik hydralauphone yang memiliki 12 lubang air. Jenis ini mampu mencapai nada setinggi satu setengah oktaf. Alat ini diletakkan di taman bermain atau kolam renang. Jenis ini biasanya dimainkan untuk bersenang-senang.
  2. Chromatic hydralauphone yang memiliki 45 lubang air. Jenis ini mampu mencapai nada setinggi tiga setengah oktaf. Alat ini biasanya disebut concert hydralauphones dan alat ini dimainkan secara serius

One response to “Hydraulophone

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s