Training Jurnalistik

Tulisan kali ini yang aku buat mengenai training yang barusan aku ikutin hari jumat (3/5)

training jurnalistik

Training jurnalistik… yap judul dari training ini yaitu Ekspresikan karyamu. Kalian sudah pasti tahu apa itu training jurnalistik???? yap training jurnalistik adalah pelatihan untuk setiap orang yang ingin menyampaikan aspirasinya melalui tulisan yang baik agar dapat dibaca oleh setiap orang yang ingin membacanya.

Training kali ini di sponsori oleh Himka dan KSIK… yah,, karena aku termasuk dalam anggota pembuat majalah capsoul (majalah keperawatan yang ada di kampus ku) makanya aku diwajibkan untuk mengikuti training ini….

Sebelum acara ini dimulai pastinya ada kata sambutan dari ketua panitia dan ketua prodi. Setelah itu MCnya yang menurut mereka kece badai sekali.. hahaha… Setelah itu langsung masuk ke materi jurnalistiknya.

Materi pertama yaitu reportase dasar. Materi ini mengenai bagaimana cara menjadi wartawan yang dapat memilih berita yang baik dan juga memilih orang yang ingin diwawancarai yang termasuk di dalam beritanya. Materi ini disampaikan oleh mbak Nonie Arnee (Journalist suara merdeka hari minggu). Beliau dalam menyampaikan materi sangat enjoy dan tidak membuat peserta merasa bosan dan tegang. Dalam materi pertama ini beliau melakukan sebuah simulasi yang membagi peserta dalam 4 kelompok besar. Kelompok aku mendapatkan simulasi 2 yaitu tentang acara ini sendiri yaitu training journalistik, aku berperan sebagai panitia dan teman saya( yang ada di foto itu) berperan sebagai wartawan. Seru juga ini simulasinya, jadi bisa belajar bagaimana cara menanyakan pertanyaan kepada seseorang secara enjoy dan juga pas untuk menulis beritanya.

Setelah materi pertama ini dilanjutkan dengan ishoma selama 20 menit. Sambil menunggu ishoma kami sempatkan untuk foto-foto dahulu (numpang eksis juga dong) hehe..

Materi kedua yaitu Blogging for all. Ini mengenai pengertian antara blog dan blogging, manfaat dan kerugian dari blogging, situs yang bisa digunakan untuk blogging, tips blogging. Materi ini disampaikan oleh Pak Asih Nurakhir ( Dosen bahasa inggris di kampus). Beliau dalam menyampaikan materi sangat bagus, tidak bikin ngantuk dan yang lebih seru yaitu langsung praktek untuk membuat blog dari awal sampai mengganti thema. Blog yang diajarkan yaitu wordpress karena menurut beliau kalau diajarkan blogspot itu terlalu simple , untuk para pembisnis, komentar tidak dapat diedit , mudah edit template.

Setelah penyampaian materi kedua ini, gak kerasa waktu berjalan begitu cepat dan sudah sampai di penghujung acara. yahhh sedih banget (lebay kumat) hehe..

Oke sekian dulu kegiatan yang bisa aku ceritakan….

Makasih sudah berkunjung ^_^

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s