supercamp HIMKA 2013 “Full of Spirit”

6-7 Juli 2013. Pagi hari yang sangat indah sangat cocok untuk berolahraga terutama jogging, aku terbangun dari mimpi dan mulai menyiapkan diri untuk mengikuti kegiatan ini. Ya, karena saya ditunjuk untuk mewakili salah satu divisi HIMKA maka saya mengikuti kegiatan ini. Supercamp himka merupakan salah satu proker yang tiap tahun diadakan. Tujuan dari kegiatan ini yaitu ingin mensolidkan semua anggota himka agar kinerjanya semakin baik. Setelah selesai mempersiapkan diri, saya langsung mencari angkot di depan kampus. untung hari ini ada tes UM maka angkot muncul dimana-mana (biasanya hari sabtu gak ada angkot).

Setelah sampai di gsg pastinya banyak yang telat datang dan menunggu bis utama untuk perjalanan datangnya jam setengah 8 (nunggu 1 jam lamanya)bis

Selama perjalanan saya juga berfoto ria bersama temen dan juga kakak jurusan saya

super camp himka 8super camp himka 9

didalam perjalanan, bus yang saya tumpangi itu melewati jalan yang tidak rata (karena di daerah sana jalan belum aspal) maka dari itu semua penumpangnya tidak dapat tidur di dalam bis. Perjalanan di tempuh sekitar 1 jam sekalian mengambil tenda. Setelah sampai di tempat tujuan kami mendaki gunung untuk menuju tempatnya yaitu Nglimut Gonoharjo. tempatnya persis kayak tempat film twilght (menurut ku) karena banyak pohon tinggi-tinggi dan juga ada monyet (tapi dari kemarin aku ga pernah lihat). Setelah sampai, saya bersama temen-temen tergabung dalam kelompok putih yaitu Vika, Hanun, devi, mbak ayu, dan mbak prima. Kami berenam langsung membuat tenda dan berhasil membuat tenda cewek pertama yang berdiri

super camp himka 13

tenda pertama yang buat 😀

super camp himka 15

Ini dia tempat kemahnya 😀

Setelah itu, kami semua membereskan tas-tas dan memasukkan kedalam tenda. kami berkumpul kembali di aula untuk menerima materi dari pembicara yang luar biasa. isi materinya mengenai bagaimana cara memperkuat tim didalam organisasi dan seberapa penting kita harus saling mengerti dan memiliki antara sesama anggota di dalam organisasi.

pembicara 1

Pembicara 1

pembicara 2Pembicara 2

situasi saat materi

Setelah selesai materi kami melakukan FGD yaitu forum group discusion. isinya tentang pendapat kita tentang permasalahan di himka. setiap kelompok membuat mind map yang berisi tentang masalah, penyebab dan solusinya apa untuk menyelesaikan masalah itu. setelah selesai, kami diberi kesempatan untuk mandi, tapi berhubung air disana persis seperti es maka kami hanya mencuci muka saja. jam 7 malam kami makan bersama kemudian pergi ke atas gunung untuk api unggun. saking lamanya api unggun dinyalakan, akhirnya tidak jadi di nyalakan mengingat kayunya masih lembab habis dipotong.

1017283_10200298627931954_1690022716_n

selesai api unggun, acara selanjutnya yaitu walking on the fire.. awalnya serem tapi setelah dilakukan jadi terasa hangat dan menimbulkan kecanduan. EOnya lucu, mereka membuat gerakan untuk awalan sebelum melakukan ini. seperti untuk apa kita disini? bersenang-senang (sambil mengoyangkan pinggul ke kanan dan kekiri). aturannya adalah kita harus membasuhkan kaki sampai paha, kaki tidak boleh mengkerut saat berjalan, berjalan di atas api seperti layaknya berjalan biasa, jangan lari-lari dan lompat-lompat.

walking on the fire

Selesai juga kegiatan hari ini. Kami kemudian kembali ke tenda untuk beristirahat. Karena cuacanya dingin seperti di puncak, maka satupun dari kita ada yang bisa tidur ada yang tidak. Jam 3 pagi, kami dibangunkan dan disuruh berkumpul di aula. setelah berbaris, kami tutup mata menggunakan slayer kemudian kami di tuntun berjalan sampai ketempat api unggun kemarin. Selama kami di tutup mata, kami disadarkan kembali terhadap tanggung jawab kami di dalam organisasi yang sudah kami lalaikan selama ini seperti kami jarang ikut kumpul rapat pleno dan sering datang telat. setelah itu kami sharing tentang pengalaman kami dan juga pengalaman alumni HIMKA, hasilnya yaitu setiap kita didalam organisasi pasti kita akan merasakan titik jenuh dan lelah tersebut, setelah mengalami lelah kita harus berjuang untuk bangkit agar tidak terpuruk dalam kelelahan tersebut.

jam 6 pagi, udara disana cukup bagus dan juga masih tetap dingin, kami semua berkumpul di dalam aula untuk melakukan senam pagi. setelah senam, kami melakukan permainan yaitu jaga lilin, pindahin gelang, lempar air. permainannya cukup menyenangkan dan membuat melupakan semua tugas yang ada di kampus. permainan pun selesai, selanjutnya dilanjutkan dengan trucking di air terjun dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam. awal mulainya dari tempat api unggun, kemudian berjalan sekitar 30 km jalannya itu menanjak dan banyak bebatuan. jalan kedua yang dilewati berupa jalan setapak yang diakibatkan dari longsor, jalannya sangat sepi sehingga satu-satu orang berjalannya. sampai juga di tempat permandian air panas. setelah itu dilanjutkan untuk menyusuri air terjun (maaf, tidak ada foto karena kami harus berbasah ria sehingga semua elektronik di simpan di tenda). Ini baru pertama kali, saya lakukan seumur hidup, karena saya takut air makanya setiap kena air saya langsung hampir kelelep. jalanannya sangat jauh dan juga berliku sampai tangan saya lecet dan bersentuhan dengan batu-batu. pemandangan di air terjun begitu indah dan airnya sangat dingin. perjalanan kali ini menguras habis tenaga dan menyebabkan kelelahan yang sangat besar.

Selesai trucking air terjun, kami membersihkan diri kemudian makan bersama di dalam satu nampan besar. biasanya saya makan segitu besarnya akan kenyang, tetapi untuk saat ini saya sangat kelaparan. tapi saya mencoba bertahan agar cepetan sampai ke kosan. akhirnya supercamp himka berakhir disini. sesi terakhir yaitu foto-foto 😀

super camp himka 18 super camp himka

Ini hasil tulisan perjalanan saya, semoga menghibur 😀